Laragon logo

Untuk development environment, Laragon alternatif xampp terbaik di Windows

Laragon alternatif xampp terbaik di Windows– Sebelum melakukan aktivitas pemrograman, khususnya pemrograman berbasis web, hal pertama yang wajib dikerjakan adalah mempersiapkan lingkungan pengembangan. Bahasa umumnya adalah development environment. Bagi developer yang cenderung menggunakan OS milik Microsoft sebagai Sistem Operasi, tentunya mengenal XAMPPP yang sangat populer. Sedangkan kalau di Linux ada LAMP, LEMP, etc.

Cara memasang Laragon alternatif XAMPP terbaik di Windows

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasang di komputer:

1. Download di website resminya

Software ini dapat diperoleh di website resminya yaitu di alamat resminya ini. Pada halaman downloadnya ada beberapa pilihan. Silakan pilih yang mana yang mau di-download sesuai kebutuhan masing-masing.

2. Instalasi di komputer

Proses instalasi sangat mudah…. Tinggal buka file yang telah diunduh, lalu mengikuti langkah-langkah instalasinya. Yang penting dibaca dengan teliti keterangan-keterangan pada installernya. Saya menjamin bahwa anak SD pun bisa melakukan instalasinya! ;D

Instalasi Laragon
Proses instalasi

Kalau masih bingung atau kurang percaya diri, jangan khawatir. Di akhir artikel ini ada video tutorial cara instalasinya. Silakan disimak dan ikuti langkah-langkahnya. jangan lupa Like dan Subscribe ya… biar saya tambah semangat untuk terus melakukan update dengan informasi menarik lainnya.

Fitur-fitur menarik

  • Kecepatannya bagus
  • Portabel. Pada halaman downloadnya tsersedia juga versi portabel sehingga bisa didistribusikan ke mana saja tanpa bergantung pada komputer tertentu.
  • Paket yang komplit. Salah satu faktor yang mejadikan Laragon alternatif XAMPP terbaik di Windows adalah karena lengkapnya paket-paket yang dibutuhkan pengembang software di lingkungan lokal. Di dalamnya sudah lengkap tersedia pilihan mulai dari paket dasar Apache, Nginx, Mysql, Mongodb, PHP, NodeJS sampai Framework Laravel dan CMS yang tinggal klik langsung install.
  • Membuat domain lokal dengan mudah. Fasilitas ini membuat pengembang bisa langsung membuat domain lokal dengan ekstensi domain yang bisa diatur. Laragon memfasilitasi proses penamaan di file etc.hosts Windows.
  • Bahkan tersedia ngrok!!! Ngrok adalah program kecil yang khusus membuat tunnel ke internet dari lingkungan pengembangan lokal. Dengan fasilitas ini, pengembang dapat mendemonstrasikan aplikasinya kepada klien langsung dari tempatnya melalui internet. Sehingga pengembang tidak perlu repot meng-upload aplikasinya ke server online hanya untuk kepentingan demo kepada klien.
  • Demikianlah sedikit berbagi tentang Laragon alternatif XAMPP terbaik di Windows. Berikut silakan disimak video tutorial cara memasang dan konfigurasi Laragon.

Leave a Reply