composer

Composer adalah salah satu tool wajib bagi developer PHP

Composer adalah salah satu tool wajib – Dalam pengembangan aplikasi berbasis PHP biasanya ada banyak fitur yang ingin ditambahkan tanpa harus mengerjakan sendiri pustaka-pustaka untuk mendukung fitur tersebut. Saat ini ada banyak tersedia pustaka-pustaka siap pakai untuk pengembangan aplikasi berbasis PHP. Misalnya untuk membuat laporan Excel dari database, ada library yang siap digunakan untuk kebutuhan tersebut. Saking banyaknya library, maka muncul kebutuhan akan adanya sistem yang mengorganisasikan beraneka ragam pustaka PHP. Sehingga developer tidak perlu lagi googling ke sana kemari hanya untuk memperoleh pustaka-pustaka siap pakai. Belum lagi masalah System Requirements setiap library yang bermacam-macam.

Composer adalah jawaban akan kebutuhan pengembang aplikasi PHP

Composer adalah pemersatu

Peralatan yang sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan menambah pustaka aplikasi PHP adalah Composer. Software kecil ini bukan manager paket seperti APT atau Yum, melainkan alat untuk melakukan pekerjaan instalasi pustaka yang dibutuhkan secara otomatis. Sehingga developer tidak perlu menempatkan file-file atau folder pustaka ke dalam aplikasi secara manual. Ia melakukan semua hal tersebut secara otomatis, hanya dengan menuliskan sebaris perintah di command line/terminal.

Cara kerja Composer kurang lebih sama dengan npm-nya Nodejs atau bundler pada Ruby. Ia bertindak sebagai “manajer ketergantungan” bagi aplikasi PHP. Jadi, ketika pengembang aplikasi mau membuat laporan dalam bentuk PDF, dia tidak perlu lagi mencari library generator PDF secara manual melainkan cukup menulis sebaris atau lebih kalimat yang memerintahkan composer mendownload dan menempatkan library-library tersebut di tempat seharusnya ke dalam folder aplikasi.

Untuk menggunakan Composer, download di halaman download website resminya. Ada beberapa langkah untuk melakukan proses install composer. Langkah-langkahnya sangat mudah dilakukan karena petunjuk cara memasangnya sangat jelas dan komprehensif.

Cara install Composer – developer PHP

Cara paling cepat menginstall composer adalah dengan mengikuti petunjuk pada halaman website resminya https://getcomposer.org/download/. Syarat utamanya adalah pada komputer wajib terpasang PHP karena compser menggunakan php.\

Buka terminal lalu masukkan perintah-perintah di bawah ini:

php -r "copy('https://getcomposer.org/installer', 'composer-setup.php');"
php -r "if (hash_file('sha384', 'composer-setup.php') === 'c31c1e292ad7be5f49291169c0ac8f683499edddcfd4e42232982d0fd193004208a58ff6f353fde0012d35fdd72bc394') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"
php composer-setup.php
php -r "unlink('composer-setup.php');"

Skrip penginstal ini hanya akan memeriksa beberapa pengaturan php.ini, memperingatkan Anda jika mereka diatur dengan tidak benar, dan kemudian mengunduh komposer.phar terbaru di direktori saat ini. 4 baris di atas akan, dalam rangka:

  • Unduh penginstal ke direktori saat ini
  • Verifikasi penginstal SHA-384, yang juga dapat Anda periksa silang di sini
  • Jalankan penginstal
  • Hapus penginstal

PERINGATAN: Jangan mendistribusikan ulang kode pemasangan. Ini akan berubah dengan setiap versi penginstal. Sebagai gantinya, silakan tautkan ke halaman ini atau periksa cara menginstal Composer secara terprogram.

Pilihan instalasi

–install-dir

Anda dapat menginstal komposer ke direktori tertentu dengan menggunakan opsi –install-dir dan menyediakan direktori target. Contoh:

php composer-setup.php --install-dir=bin

–filename

Anda dapat menentukan nama file (default: composer.phar) menggunakan opsi –filename. Contoh:

php composer-setup.php --filename=composer

–version

Anda dapat menginstal komposer ke rilis tertentu dengan menggunakan opsi –version dan menyediakan rilis target. Contoh:

php composer-setup.php --version=1.0.0-alpha8

Rilis-rilis Preview / Snapshot

Secara default penginstal dan komposer pembaruan diri hanya akan mengunduh versi yang stabil. Jika Anda ingin membantu menguji versi pra-rilis, Anda dapat menggunakan flag –preview pada penginstal atau pembaruan mandiri. Untuk build snapshot yang dilakukan dari komit Komposer terbaru, Anda dapat menggunakan flag –snapshot.

Download secara Manual

Tersedia juga pilihan untuk mendownload secara manual pada halaman downloadnya.

Demikianlah penjelasan tentang peralatan yang satu ini. Bagi programmer dan developer PHP zaman now, composer adalah peralatan wajib untuk digunakan.

Gambar : Caspar Camille

Leave a Reply