code editor terbaik 2020

Code editor terbaik 2020 untuk coding, yang terakhir bikin penasaran!

Pekerjaan coding tentu saja tidak terlepas dari peralatan editing text. Entah berupa WYSWYG (What You See is What You Get) yang tinggal drag-drop elemen atau berupa aplikasi text editor yang penting sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja demi kenyamanan dan kelancaran dalam pekerjaan, kita pasti akan mencari code editor terbaik yang bisa kita peroleh.

Saya cenderung mengabaikan dan tidak menganjurkan untuk menggunakan aplikasi yang sifatnya WYSWYG. Alasan mendasar bagi saya pribadi, penggunaan alat drag ‘n drop tersebut cenderung TIDAK AKURAT terutama dalam desain web. Karena penggunaan mouse sangat bergantung pada keakuratan mata dan tangan. Ketika keliru sedikit saja menempatkan satu elemen, misalnya, maka bisa berdampak pada posisi elemen lain. Selain itu nantinya ada banyak kode-kode bawaan software tersebut yang tidak diperlukan malah ikut masuk. Akibatnya ukuran file membengkak, kadang mucul perilaku yang tidak diinginkan dari elemen, dan sebagainya. Kata pak Anies Baswedan :”We don’t know what we don’t know”.

Code editor terbaik 2020

Berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa rujukan, saya merangkum beberapa aplikasi yang menarik untuk dipertimbangkan. Oya, ini mungkin lebih ditujukan bagi pengguna Sistem Operasi Windows ya! Kalau Linux mah banyak bawaan editornya.

1. Notepad Windows

Ha???? Iya lah, ini kan bawaan Windows. Aplikasi ini sudah cukup kok, untuk melakukan editing ketika mau coding php, HTML, CSS, Javascript, VBScript, dan sebagainya. Yang kurang mungkin fitur-fitur untuk mempermudah pekerjaan semisal auto-complete.

Code editor terbaik
Windows Notepad

2. Notepad++

Notepad++ adalah salah satu favorit saya. Ciri khasnya ringan, instalasinya mudah, dan gratis serta open source. Ini membuat saya memilihnya sebagai salah satu code editor terbaik 2020.

Sebagaimana dijelaskan pada halaman resminya di https://notepad-plus-plus.org/ Notepad++ adalah sebuah editor source code sebagai pengganti Notepad yang mendukung beberapa bahasa pemrograman. Notepad++ hanya khusus berjalan di atas lingkungan Sistem Operasi Windows, menggunakan lisensi GNU General Public. Karena itu tidak diragukan bahwa aplikasi ini bisa dimanfaatkan salah satunya sebagai aplikasi text editor untuk membuat halaman web karena sifatnya yang support beberapa bahasa pemrograman.

Notepad++ mendukung baik platform 32-bit x86 maupun 64-bit x64. Dari versi-versi yang tersedia pun tersedia pilihan installer maupun portable.

code editor terbaik 2020
Code editor terbaik 2020

3. Atom

Atom merupakan salah satu editor yang sampai saat ini masih saya gunakan untuk pekerjaan sehari-hari. Software editor ini sangat lengkap untuk dijadikan peralatan coding.

Adapun fitur-fiturnya sebagaimana dirangkum dari website resminya https://atom.io/ antara lain :

1. Cross Platform

Atom tersedia untuk beberapa sistem operasi seperti Windows, OS X, dan Linux.

2. Smart autocompletion

Dengan fitur smart autocompletion ini, programmer sangat terbantu untuk mempercepat proses coding php, html, javascript, dan lain-lain. Ketika kita mengetik sebuah kata maka editor akan memunculkan beberapa kode lengkapnya secara otomatis. Sehingga kita tinggal mengetuk tombol Enter dan kode selengkapnya sudah tersedia di halaman editor tersebut.

3. Multiple Pane

Fitur antar-muka ini membuat kita mudah untuk membandingkan dan mengedit beberapa file sekaligus dalam satu tampilan.

4. Package Manager built-in

Ada begitu banyak paket-paket pendukung Atom yang tersedia di repository-nya. Yang kita lakukan hanya membuka manajer paket, kemudian mencari fitur yang kita inginkan, lalu memilih paket-paket yang tersedia sesuai dengan fitur yang kita maksud. Misalnya apabila mau menambahkan paket Vue JS untuk dukungan syntax highlighting bisa dilakukan dengan cara tersebut. Dan itu semua kita lakukan langsung dari editornya.

5. Sistem Browser File

Sisi kiri biasanya berisi file-file dan folder project. Untuk menambah folder project bisa dilakukan dengan sangat mudah. Sehingga dalam satu waktu kita bisa mengerjakan beberapa project dalam satu jendela.

6. Find and Replace

Sebagaimana editor bagus pada umumnya, biasanya disediakan fitur ini. Dengan adanya fitur ini maka pekerjaan Find and Replace menjadi cepat.

7. Hackable

Ada satu fitur unik dari editor ini adalah kita bebas memodifikasi editor sesuai keinginan.

Coding php

Baca juga : Covid 19 News dan Revolusi Industri 4 0

4. Sublime Text

Sublime Text adalah sebuah code editor cross-platform yang canggih. Sifatnya shareware, artinya program ini gratis namun dengan beberapa pembatasan. Program ini juga mendukung berbagai jenis bahasa pemrograman.

Beberapa fitur unggulan sebagaimana dinyatakan di website resminya https://www.sublimetext.com :

1. Goto Anything

Fitur ini dapat digunakan untuk membuka file-file dengan beberapa kombinasi keyboard, dan langsung meloncat ke simbol, baris, dan atau teks.

2. Goto Definition

Menggunakan informasi dari definisi sintaks, Sublime Text secara otomatis melakukan pengindexan setiap class, method, dan function di dalam keseluruhan project.

3. Multiple Selections

Kemampuan untuk melakukan banyak perubahan dalam satu waktu. Dengan kemampuan ini, kita dapat mengubah banyak baris dalam satu waktu, mengubah nama variabel dengan mudah sehingga pekerjaan coding menjadi lebih cepat.

4. Command Palette

Command Palette menampung semua perintah dalam satu list yang bisa diaktifkan menggunakan CTRL + SHIFT + P. Dengan fitur ini pengguna tidak perlu lagi harus membuka-buka menu atau menghafal kombinasi tombol keyboard untuk fungsi-fungsi tertentu. Misalnya Sorting, merubah sintaks, atau merubah identasi.

5. Performance

Sublime Text dibuat menggunakan komponen khusus, memberikan responsivitas yang baik. Dari toolkit UI lintas platform kustom yang andal, hingga mesin penyorotan sintaks yang tak tertandingi, Sublime Text menetapkan standar performa.

Baca juga : Chapter 3: Belajar bahasa pemrograman berbasis web – Javascript (part 1)

5. Visual Studio Code

Editor yang satu ini juga sangat layak untuk dipertimbangkan. Hampir semua fitur dan kelebihan ada pada editor yang satu ini. Satu-satunya hal yang membuat saya jarang menggunakannya adalah karena untuk memanggilnya dari terminal linux tidak sesederhana Atom. Mudah-mudahan persoalan ini bisa teratasi, ya.

Untuk mengunduhnya bisa di website resminya https://code.visualstudio.com

Berikut beberapa fitur unggulannya:

1. Extension yang melimpah

Hampir semua extension, bahasa pemrograman, tema, fitur-fitur pendukung mudah ditemukan.

2. Performa

Visual Studio Code cukup ringan ketika dijalankan.

3. Git

Pada editor ini sudah terpasang Git, sehingga untuk pekerjaan commit bisa dilakukan langsung dari editor.

Code editor terbaik 2020
Visual Studio Code

6. Netbeans

Netbeans adalah editor pemrograman yang ditulis menggunakan bahasa Java. Pada dasarnya Netbeans merupakan editor yang dominan untuk pemrograman Java. Namun dapat digunakan sebagai IDE buat pemrograman lain seperti HTML5, Javascript, PHP, C/C++, dan lain-lain.

Sifat Netbeans adalah Free and Open Source (FOSS) dan menjadi bagian dari Apache Software Foundation.

Untuk mencoba lebih lanjut Netbeans dapat diunduh di https://netbeans.apache.org.

Semua editor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing di samping kelebihan dan kekurangan sang programmer sendiri. Sehingga pilihan kembali ke masing-masing orang.

Pada intinya jangan berfokus pada bentuk melainkan berfokuslah pada tujuan. Sampai jumpa di postingan berikutnya. Jangan lupa Subscribe, Share and Like.

Leave a Reply