Bahasa pemrograman berbasis web

Chapter 3 : Belajar bahasa pemrograman berbasis web – Javascript (Part 1)

Bahasa pemrograman berbasis web – Javascript adalah salah satu scripting language yang paling banyak digunakan di dalam aplikasi online(w3b). Dan bahasa yang satu ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia teknologi web. HTML dan CSS bekerjasama dalam pembentukan layout halaman, kode HTML menampilkan konten atau isi halaman dan CSS berperan mengatur style/gayanya. Lantas apa peran dari Javascript?

Bagaimana Javascript bekerja?

Kode Javascript dipasang dengan cara menempelkan pada HTML. Server mengirimkan kode javascript kepada pengguna melalui browser, kemudian dieksekusi atau dijalankan. Javascript bekerja pada sisi klien, diterjemahkan oleh browser yang digunakan pengguna.

Secara teori, kode program Javascript akan berjalan sama pada setiap browser yang berbeda. Namun pada kenyataannya tiap browser yang berbeda akan menterjemahkan kode-kode tersebut dengan cara yang berbeda pula. Misalnya Chrome akan menjalankan dengan caranya sendiri yang berbeda dengan cara yang dijalankan oleh Mozilla atau Internet Explorer, atau Edge.

Javascript bukanlah Java

Saat ini masih banyak yang salah kaprah belum dapat membedakan antara program Java dengan Javscript. Keduanya benar-benar berbeda dalam banyak hal. Hal ini mungkin disebabkan oleh ada “Java”-nya.

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang bukan ditujukan khusus untuk mengembangkan aplikasi berbasis web, meskipun sangat dimungkinkan untuk itu karena ada versi Java Enterprise (J2EE). Untuk mengembangkan program Java, dibutuhkan beberapa software pendukung. Sedangkan Javascript tidak membutuhkan software khusus untuk mengembangkan aplikasinya. Kodenya hanya disisipkan ke dalam kode HTML dan langsung kelihatan hasilnya.

Peran Javascript disandingkan dengan bahasa pemrograman berbasis web lainnya

Kalau CSS berperan dari sisi User Interface, maka peran utama Javascript adalah pada unsur User Experience. Keduanya dapat digabungkan bersama untuk fungsi masing-masing namun secara garis besar peran dominan seperti itu

User Experience adalah salah satu aspek dalam desain aplikasi yang memiliki fokus pada kemudahan user dalam menggunakannya.

Semakin mudah seorang user menggunakan sebuah aplikasi, maka user tersebut akan merasa nyaman. User bisa tahu langkah selanjutnya yang mesti dia lakukan setelah sebuah langkah dalam proses aplikasi. Ada dua hal besar yang dilakukan menggunakan Javascript :

bahasa pemrograman berbasis web
Bahasa pemrograman berbasis web

1. Merubah isi halaman web

Javascript sangat membantu dalam pekerjaan memanipulasi halaman secara dinamis. Secara default HTML, khususnya HTML5, memiliki banyak fitur untuk mengatur sendiri badan dan isinya. Dengan bantuan Javascript, segala perubahan dalam halaman dapat dilakukan tanpa user harus melakukan refresh halaman.

Misalnya, dalam sebuah halaman www, berita bisa berubah-ubah terupdate tanpa mesti menekan tombol refresh browser. Itu semua hanya bisa dilakukan oleh javascript.

2. Merubah style halaman secara dinamis

CSS merupakan pengatur style halaman HTML. Namun ada keterbatasan yakni, karena CSS bukan merupakan bahasa pemrograman maka sifatnya menjadi statis. Sehingga style yang sudah dideklarasikan tidak dapat diubah secara dinamis. Untuk kepentingan ini, maka javascript menjadi jawabannya.

Misalnya apabila saya ingin membuat agar sebuah paragraf berubah-ubah warna backgroundnya setiap menit, itu bisa dilakukan dengan javascript dengan memanipulasi elemen HTML yang dimaksud.

Penggunaan Javascript sebagai salah satu bahasa pemrograman berbasis web

Program javascript disisipkan pada kode HTML dengan beberapa cara umum yaitu:

1. Ditempelkan di dalam elemen <head></head>

Skrip disisipkan dengan menggunakan tag <script></script> atau <script style=”text/javascript”></script>

&lt;!DOCTYPE html>
&lt;html>
&lt;head>
&lt;title>Menyisipkan program javascript pada elemen head&lt;/title>
&lt;script>
alert("Ini hasil program Javascript!");
&lt;/script>
&lt;/head>
&lt;body>
&lt;h1>Ini adalah Halaman Utama&lt;/h1>
&lt;/body>
&lt;html>

Hasilnya setelah dijalankan pada browser seperti gambar berikut:

bahasa pemrograman berbasis web - javascript
Alert javascript

2. Ditempelkan pada bagian body

&lt;!DOCTYPE html>
&lt;html>
&lt;head>
&lt;title>Javascript ditempel pada bagian body&lt;/title>
&lt;/head>
&lt;body>
&lt;h1>Ini halaman utama&lt;/h1>
&lt;script>
  alert("Ini Alert menggunakan Javascript!");
&lt;/script>
&lt;h1>Ini bagian akhir halaman&lt;/h1>
&lt;/body>
&lt;html>
Bahasa pemrograman berbasis web
Bahasa pemrograman berbasis web – javascript

Menggunakan Javascript eksternal

Metode ini merupakan metode paling umum digunakan, karena memudahkan pengelolaan kode pemrograman. Caranya adalah memisahkan kode menggunakan file javascript dengan ekstensi .js

File javascript dipanggil menggunakan tag yang sama dengan tambahan atribut src=”nama_file_javascript.js”

&lt;script style="text/javascript" src="nama_file.js">&lt;/script>

Demikianlah perkenalan dengan salah satu bahasa pemrograman berbasis web yaitu Javascript Bagian Pertama. Pada bagian kedua nanti kita akan lebih mendalami lebih banyak tentang Javascript

Leave a Reply